Jumat, 04 Februari 2011

Teknik Dasar Photography

Teknik Dasar Photography

Bagi Anda para pemula dalam mempelajari aneka teknik fotografi, tak ada salahnya Anda membaca beberapa efek-efek teknik pemotretan berikut ini;  

1. Efek foto hidup

Selama ini mungkin kita hanya berpikr bahwa kualitas foto yang baik hanya pada saat kita mengambil posisi yang tepat di tengah untuk objek yang kita ambil. Tahukah Anda yang dimaksud efek foto hidup? Foto akan dikatakan hidup bila di dalam foto tersebut terdapat unsur hidup. Misalnya di dalam foto Anda ada seekor kucing sedang berjalan di atas tangkai, di tengah jalan yang lurus ada seseorang sedang mengendarai sepeda motor. Atau di tengah padang pasir yang luas ada seseorang yang tengah berlari.
Menghadirkan efek hidup dalam foto Anda akan menambahkan rasa kenyamanan mata memandang. Nilai estetika yang dihasilkan akan lebih berkualitas. Coba Anda bandingkan dua buah foto, yang satu memakai efek hidup dan yang satu tidak, akan sangat terasa beda kenyamanan mata orang yang memandangnya.
Terkadang memang cukup sulit menghadirkan efek hidup di dalam sebuah foto. Anda harus pandai-pandai mengabadikan sebuah momen. Misalnya saat kendaraan orang sedang melintas di depan Anda, Anda ingin mengambil setting sebuah gedung yang dilintasi seorang pengendara sepeda motor.
Maka Anda pun dituntut sigap mengabadikan momen tersebut. Tidak mungkin Anda meminta orang tersebut untuk berhenti dulu memintanya agar berfoto. Semua kesigapan itu dapat Anda dapatkan jika sering melatihnya, belajar photography dengan baik.   

2. Efek warna

Tahukah Anda semakin sedikit jumlah warna dalam foto yang Anda abadikan, akan semakin bagus kualitas foto tersebut. Hal ini membuktikan cara Anda telah fokus dalam mengambil gambar sebuah objek. Misalnya Anda mengambil objek pohonan hijau rimbun di sela-sela pepohonan lain dengan aneka warna daun. Jika Anda berhasil menghadirkan warna objek Anda didominasi oleh warna hijau sebagai objek sasaran Anda, artinya hasil foto Anda memiliki kualitas yang cukup baik.

3. Efek sepertiga

Untuk memperindah kualitas foto yang kita ambil, ada juga yang dikatakan efek sepertiga. Efek ini memposisikan objek pada daerah sepertiga dari keseluruhan ukuran foto. Posisi sepertiga yang sedemikian rupa pada sebuah foto akan memberikan kesan estetika yang lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar