Jumat, 04 Februari 2011

Mengenal Kamera Untuk Belajar Photography

Kamera
Sebelum memilih kamera yang akan digunakan untuk belajar memotret, sebaiknya ketahui dahulu jenis-jenis kamera beserta kelebihan-kelebihannya. Ada dua jenis kamera yang bisa digunakan, yaitu kamera DSLR dan kamera saku.

Ukuran
Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) ukurannya lebih besar daripada kamera saku. Sedangkan kamera saku ringan dan mudah dibawa ke mana-mana. Sesuai dengan namanya, kamera saku bisa dimasukkan ke dalam saku baju ataupun celana.

Kualitas
Apabila Anda menggunakan kamera DSLR, pemandangan yang Anda lihat akan sama dengan yang tertangkap kamera. Sedangkan jika menggunakan kamera saku, apa yang Anda lihat, belum tentu sama dengan yang tertangkap kamera.
Hal ini disebabkan ukuran sensor masing-masing kamera berbeda. Sensor pada kamera DSLR lebih besar daripada sensor pada kamera saku.
Selama ini orang menganggap semakin besar ukuran piksel pada kamera, semakin bagus hasil fotonya. Padahal yang menentukan bagus atau tidaknya hasil foto bukan piksel, melainkan sensornya.

Fungsi
Biasanya kamera DSLR digunakan oleh para fotografer profesional seperti jurnalis, fotografer wedding ataupun fotografer komersial lainnya. Tak jarang juga kamera DSLR digunakan oleh para peminat fotografi, untuk mempelajari cara memotret lebih dalam.
Adapun kamera saku lebih sering digunakan untuk mengabadikan foto ketika sedang berlibur, dengan alasan bentuknya yang simpel dan tidak banyak memakan tempat.

Harga
Dari segi harga, kamera DSLR lebih mahal daripada kamera saku. Hal ini tentu saja dikarenakan kamera DSLR memiliki fitur lebih banyak dibanding kamera saku.

Fitur
Fitur pada kamera saku biasanya sudah tersedia semua (all in), seperti night mode, built in flash, dan makro mode. Meskipun hasil fotonya tidak setara dengan kamera DSLR, tetapi kelengkapan fitur pada kamera saku sangat membantu untuk merekam segala suasana.
Pada kamera DSLR, fitur lebih lengkap daripada kamera saku, tetapi untuk mendapatkan hasil foto yang baik harus didukung oleh keahlian memotret dan alat pendukung lainnya, seperti flash.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar